Minggu, 05 Desember 2010

Workshop Data EMIS

Mapenda Dan IT? Good! Good!

Sabtu 4 Desember 2010 telah dilaksanakan workshop EMIS (Education Management Information System) oleh Mapenda Kementerian Agama Kabupaten Malang. Workshop ini bertujuan untuk menyiapkan operator untuk masing – masing PC se-Kabupaten Malang, dimana operator ini akan bertugas untuk memasukkan data lembaga yang tergabung dalam PC secara online ke situs mapenda yang kabarnya akan segera beroperasi dalam waktu seminggu ke depan. Sebuah kemajuan yang sangat patut untuk diapresiasi secara positif. Bahwa nanti ke depannya Mapenda akan menginformasikan segala sesuatunya secara terbuka, cepat, dan tentunya dapat dinikmati oleh semua yang membutuhkan informasi yang berkaitan dengan kementerian agama dan seluruh lembaga binaannya.

Secara tidak langsung hal ini memacu para guru untuk lebih akrab dengan IT, memang tak semua kenal dengan IT, masih banyak dari kami (para guru) yang gagap teknologi (alias gaptek), namun dengan dimilikinya website sendiri oleh mapenda sungguh membuat kami menjadi lebih termotivasi untuk belajar lebih jauh lagi tentang IT. Satu kerikil kecil yang harus dikoreksi adalah saat pertama kali dimulai, tidak ada layar terkembang yang siap dengan kalimat “HOTSPOT AREA”, jadi kami yang datang dengan laptop (entah milik sendiri atau pinjaman) duduk enak – enakan dan bermain internet dengan modem bawaan dari rumah sambil saling menanyakan kita ini mau apa?
“Udah connect?” terdengar beberapa suara.
“Udah!” satu dua suara menyahut
“Belum!” banyak suara berteriak.

sekitar pukul 10 lewat baru Bu Luluk yang memberikan sepintas tentang apa sih data EMIS, kami yang baru datang tengak tengok tidak mengerti apa yang dimaksudkan, saya buka lewat modem bawaan dari rumah sesuai dengan alamat yang saya dapat dari teman yang sudah connect, alhasil tidak ada halaman ditemukan, berkali – kali terbaca “Page cannot displayed”, baru “ngeh’ saat saya menanyakan pada Bapak baik hati, ternyata kami itu di area hotspot-nya mapenda.

Alhasil kami pun mulai mencoba connet dengan wireless, namun susah sekali connectnya. Kasihan Pak Gufron yang harus melayani begitu banyak antrian laptop di depan. Namun dengan tangan ahlinya maka laptop pun juga netbook para guru dapat connect dengan wireless-nya mapenda.

Selesai dengan masalah connect, ternyata begitu masuk ke halaman data aplikasi yang kami kerjakan masih terjadi banyak kesalahan dan gaduh-lah suasana di Aula Kemenag. Karena sedikit penasaran maka saya tanyakan, “Apa yang sesungguhnya terjadi?”

Hari itu adalah uji coba wireless baru mapenda yang baru disetting untuk memudahkan mapenda sekaligus lembaga untuk memasukkan data – data yang diperlukan ke pusat. Satu hal lagi, peserta yang datang membludak. Akhirnya kami pun dipersilahkan menunggu dan mengisi lewat website baru mapenda (http://mapenda.kabmalang.or.id) .

Terlihat jelas sekali bukan, bahwa guru – guru RA/MI yang hadir di hari itu adalah orang – orang yang kehausan dan butuh dipuaskan dengan kucuran informasi yang sesuai dengan keperluan masing – masing pihak, agar kerjasama yang berkelindan mencapai sebuah kemajuan yang diharapkan. Mapenda dan IT? Good! Good! Kami tunggu kemajuanmu….

5 komentar:

  1. sayangnya sampai sekarang websitenya sampai sekarang belum bisa diakses...
    kasihan banget,,

    BalasHapus
  2. ass dan salam kenal,
    sy jg hadir saat itu, awalnya jg gk nyangka, eh ternyata hotspot nya masih new...
    yg bikin bingung, kok sampai sekarang terhitung seminggu dr workshop kemarin, websitenya masih belum bisa diakses....
    ,,,,

    BalasHapus
  3. bu admin bisa gak langsung ditanyin ke MAPENDA knp kok bisa diakses???
    barang kali ja belum buat wesite hya???!!!!

    BalasHapus
  4. website mapenda kab malang ON-LINE dengan alamat http://www.mapenda-kabmalang.or.id dan untuk emis upload data in progres.....

    BalasHapus
  5. terimakasih u/ info website nya...
    website sudah ditemukan,dan berhasil dibuka, namun u/ masuk di aplikasi nya masih perlu kata sandi yang mungkin beda dengan yang diberikan sebelumnya di mapenda.
    u/ p.birawana,mohon info selanjutnya.

    maturnuwun,dan ditunggu jawabannya,
    semoga allah memberikan kelancaran menyelesaikan tugas ini, dan semoga kita semua sesama hamba allah bisa saling dan terus bersilaturahmi....

    BalasHapus

ya